Sabtu, 24 Februari 2018

MASA

اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍ
"Sungguh, manusia berada dalam kerugian,"

Kita belajar tentang MASA
Dalam lanjutan ayat pertama surah Al 'Asr bahwa kata Allah sungguh manusia berada dalam kerugian, yang dalam ayat pertama Allah bersumpah demi masa.
Inilah bagaimana kita sebagai manusia mestinya memahami diri bahwa setiap waktunya selalu dalam kerugian ketika lalai dalam mengingat Allah SWT.

Imam Syafi'e r.m berkata seandainya Allah hanya menurunkan satu surah dalam Al Quran yaitu surah Al 'Asr niscaya sudah cukup.
Tapi mari kita pelajari bagaimana maha besarnya Allah SWT. Al Quran yang jika dipelajari lalu di amalkan niscaya akan jadi safaat di yaumil mahsar nanti.
Adakah selama ini kita sudah banyak sekali menyia-nyiakan waktu, dalam arti kelalaian pada Rabbul 'Alamin, Allah STW.

Masa arti luasnya ialah waktu dan waktu dalam lingkup kita adalah berkaitan dengan jam, siang dan malam juga masuk ketagori masa dan jika diperluas lagi ada pagi ada petang dan ada dulu, sekarang, dan nanti.
Inilah kemudian bagaimana kita diberi mandat sebagai khalifah supaya paham akan dirinya untuk menata jagat ini, karena bahaya nanti ketika manusia lupa bagaimana bersikap sesuai pada waktunya, ketika kita dalam waktu kaya yang seharusnya mengayomi yang miskin dan ketika kita jadi pemimpin mengadili yang lemah, dsb, Disitulah kita mesti paham dengan masa yang kita jalani ini...
Jadi ikutilah perkembangannya ketika apa itu yang berjalan pada masanya ikutilah tapi jangan lupa bersandarlah pada yang HAQ yaitu kebenaran yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.
Dan hal ini sudah dibawakan dan disampaikan oleh baginda nabi Shollallahu'alaihi Wasallam dan Al Quran.
Ketika baginda dihari hari sebelum wafatnya berwasiat pada kita "aku tinggalkan pada kalian dua wasiat ialah Al Quran dan Sunnahku.
Jadi marilah palajari Al Quran dan Amalkan jangan lupa juga sunnah Nabi Muhammad Shollallahu'alaihi Wasallam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar